Tjahjo Kumolo Usulkan Dua Jenderal Polisi Jadi Gubernur

Kompas MalamTjahjo Kumolo Usulkan Dua Jenderal Polisi Jadi Gubernur, Dua Jenderal Polisi Polri dikabarkan bakal menjadi pelaksana tugas (Plt) Gubernur Sumatera Utara dan Jawa Barat. Rencana itu dilakukan untuk mengisi kekosongan pimpinan saat Pilkada Serentak 2018.

Tjahjo Kumolo sebagai Menteri Dalam Negeri (Mendagri) mengaku sudah meminta izin kepada Tito Karnavian Kapolri saat mengusulkan dua jenderal polisi untuk menjadi gubernur sementara di Sumatera Utara dan Jawa Barat. “Saya meminta kepada Kapolri, meminta pada menteri yang lain, dan juga meminta kepada Menkopolhukam Wiranto untuk memenuhi pejabat atau pejabat sementara, ujar Tjahjo Kumolo saat menghadiri acara ulang tahun PDI Perjuangan di Tugu Proklamasi, Jakarta.

Baca Juga: Sering Memotong Pembicaraan Najwa Shihab Ditegur Anies

Kedua jenderal polisi yang diusulkan Tjahjo Kumolo adalah Kadiv Propam Polri Irjen Martuani Sormin sebagai Penjabat Gubernur Sumatera Utara dan Asisten Operasi Kapolri Irjen Mochamad Iriawan yang diwacanakan menjadi Penjabat Gubernur Jawa Barat.

Bukan Pertama Kali

Kejadian ini bukan pertama kali untuk Dua Jenderal Polisi dipercaya sebagai Plt Gubernur. Sebelumnya, Konstitusi Kemenko Polhukam Irjen Carlo Brix Tewu dan Staf Ahli Bidang Ideologi pernah menjabat sebagai Plt Gubernur Sulawesi Barat pada 2016. “Begitu juga saat ini, telah direncanakan untuk kedua Jenderal Polisi ini untuk menduduki jabatan Gubernur di wilayah Jawa Barat dan Sumatera Utara.

Mendagri Tjahjo Kumolo juga memastikan bahwa usulannya itu tidak melanggar undang-undang (UUD) yang ada. “yang penting mereka eselon satu, dan sebagai aparatur pemerintah, apakah itu dari Polri, TNI dan lembaga kementerian, ujar dia. Namun tetap, menurutnya dia hanya mengusulkan idenya saja, selebihnya keputusan tetap berada di tangan Presiden Jokowi.

Baca Juga: Marsekal Hadi Tjahjanto Dapat Dukungan Jokowi

“Intinya keputusan Dua Jenderal Polisi Polri ini akan diterima atau tidak menjadi Gubernur, semua kami serahkan pada bapak Presiden Jokowi melalui Mensesneg yang keluarkan kepres adalah beliau,” ujar Tjahjo Kumolo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *